3 Tokoh Dalam Desain Interior

Posted by Tercengang on 20.14 in ,

Ada beberapa tokoh dalam sejarah desain interior yang mempengaruhi keilmuan desain interior sekarang ini. Ada beberapa tokoh yang mempengaruhi lahirnya gaya desain interior pada kala modern (setelah revolusi industri) diantaranya adalah:

1.       Charles Rennie Mackintosh (1868-1928)
Karya Mackintosh mengarah pada seni dan Kriya (arts and crafts), namun mengarah lebih jauh pada suatu gerakan pembebasan yang disebut dengan gerakan Art Nouveau yang kuat cukup besar di antara desainer daratan eropa (continental designer) terutama yang bermarkas di Vienna.
Gerakan art and craft bertujuan untuk mereformasi desain victoria (victorian design) dan selera (taste) masyarakat pada masa itu. Gerakan ini melaksanakan penolakan terhadap ornamentasi produksi-massa yang tidak bermakna, dengan menekankan kejujuran dalam ekpresi desain terhadap realitas fungsi, material dan teknik serta berpikir ke depan, meskipun dengan cara yang radikal dan kontroversial.

2.       Antoni Gaudi (1852-1926)
Figur yang lebih banyak didominasi dalam karya desain di Barcelona-Spanyol adalah Antoni Gaudi. Antoni Gaudi merupakan tokoh pencetus dari “perbendaharaan bahasa visual” stiliasi bunga (vocabulary of flowing curves ) dalam interior yang berkarakter yang kuat dengan teknik tinggi dan detail yang sangat dekoratif.
Antonio Gaudi membuatkan garis lengkung yang fantastic yang kadangkala mirip sambungan tulang. Proyek terakhirnya yang fantastik ialah Sagrada Familia Church (1903-1926).



3.       Gerrit Rietveld (1888-1964)
Karya dari gerakan De Stijl (the style) merupakan karya yang dibentuk oleh Gerrit Rietveld. Penggambaran karyanya berupa blok garis lurus yang membuat sesuatu yang kompleks dengan dinding yang saling menopang (interpenetrating planes of wall), atap, dan geladak yang memproyeksikan dan void yang dilengkapi dengan beling gelas dalam bingkai logam.
Bagian atas ruang keluarga (living room) dipisahkan oleh sistem panel geser (sliding panels) yang mengijinkan pengaturan kembali untuk mendapat variasi bukaan ruang.
Pengaruh gerakan De Stijl dalam modernisasi desain (interior) tidak secemerlang dengan gerakan serupa yang muncul di Jerman dan Perancis

Kesimpulan
Selain ke tiga tokoh di atas masih ada beberapa tokoh yang mempengaruhi munculnya gaya desain interior modern diantaranya ialah alvar aalto, Pierre chareau, Philip Johnson, walter gropius, herman hetzberger dan charles eames. Tokoh – tokoh di atas memiliki paham masing – masing dalam menguraikan seni desainnya. Tetapi masing – masing memiliki huruf unik dalam seni yang berbeda.