Cara Instalasi Lampu Taman

Posted by Tercengang on 04.28 in ,

Penataan lampu taman diharapkan untuk menambah keindahan taman terutama di malam hari. Tidak ada keahlian khusus yang perlu diperhatikan dalam pemasangan instalasi lampu, hanya saja butuh kejelian dalam menata letak lampu dan menganalisa keindahannya terhadap taman.

Perlunya Penataan Lampu
Untuk merancang tata letak lampu butuh perhitungan dan imajinasi yang tinggi alasannya ialah terdapat tingkat kesulitan pada ketika memilih jumlah titik lampu yang akan dipasang pada taman. Jumlah titik lampu itu harus diadaptasi dengan tingkat kelebaran taman. Biasanya bila titik lampu yang dipasang pasa taman lebih dari 3 maka taman tersebut cukup lebar. Untuk taman yang membutuhkan kurang dari 3 titik cahaya maka pemasangannya sanggup dilakukan sendiri.

Penataan Taman Kecil
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penataan taman kecil, diantaranya ialah pemilihan jenis lampu, keamanan instalasi perkabelan dan dalam memilih titik yang ingin diterangi.

Dalam pembuatan instalasi lampu taman ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu:
1.Tentukan lokasi titik-titik lampu.
   Dalam memilih lokasi titik – titik lampu yang harus dilakukan pertama kali ialah buat alur instalasinya kabel listrik dari stop kontak terdekat ke lokasi titik-titik lampu. Sebaiknya alur instalasi kabel merapat dengan tembok.
2.Gali tanah sesuai alur instalasi kabel listrik. Gali sampai kedalaman 20 cm.
3.Potong pipa PVC sesuai alur instalasi. Warnai pipa dengan cat besi.
4.Masukkan kabel ke dalam pipa dan tanam di dalam tanah. Setelah itu hubungkan bab ujung kabel ke rumah lampu dan ujung lainnya pada stop kontak.

Langkah Alternatif
Selain cara penginstalan di atas ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu :
- Pada luar ruangan lampu yang dipergunakan ialah lampu dengan spesifikasi water resistant. Jenis lampunya sanggup pijar ataupun pendar.
- Lampu taman ada yang bervoltase rendah (+ 12 volt) dan voltase tinggi (+ 220volt).  Pilihlah sesuai dengan kebutuhan taman. Untuk keamanan, sebaiknya pilih perangkat lampu taman bervoltase rendah yang dapat mencegah kecelakaan fatal seandainya ada arus listrik yang bocor.
- Gunakan panjang kabel dengan tepat, karena semakin panjang kabel, semakin besar pula peluang penurunan voltase.