Design Lampu Dan Jenisnya

Posted by TriScont on 23.25 in ,

Semakin beragamnya bentuk rumah menciptakan perabot dan peralatan rumah tangga semakin bertambah fungsinya sebagai penghias design rumah. Salah satunya yaitu lampu.

Lampu dan Fungsinya
Lampu merupakan perangkat atau alat yang sanggup menawarkan sumber cahaya pada suatu ruang memakai sumber listrik. Sekarang ini fungsi lampu selain untuk sarana pencahayaan tetapi juga untuk aksesoris atau penghias sebuah rumah.

Jenis – jenis Lampu
Macam lampu  dibedakan menjadi 2 yaitu lampu menurut penempatannya dengan lampu menurut pencahayaan dan penempatannya. Untuk kepentingan interior design kali ini kita akan membahas jenis lampu menurut penempatannya yaitu :

1.  Lampu Dinding
Pemasangan lampu ini diletakkan di dinding rumah tetapi perlu diperhatikan ketinggian dalam pemasangannya. Jangan hingga lampu mengganggu pandangan dan menyentuh kepala orang yang duduk di dekatnya. Cahaya dari lampu dinding akan menawarkan kesan luas pada ruang.

2.  Footlight
Lampu ini biasanya ditempatkan pada tangga atau ruang tidur dan dinyalakan pada malam hari.

3.  Lampu Sorot
Lampu ini biasanya dipasang pada pipa penyangga (writing duct), di galeri, museum atau gedung-gedung publik. Lampu ini sanggup diputar mengikuti objek yang akan disorot.
4.  Lampu Pada Plafon
Lampu ini dipasang pada langit – langit/plafon rumah. Lampu pada plafon akan membiaskan refleksi cahaya yang lembut dan merata. Warna cahayanya pun dihasilkan dari warna plafon.

5.  Lampu Meja
Lampu meja biasanya diletakkan di atas meja kerja/meja mencar ilmu dimana cahayanya difokuskan pada tangan ketika bekerja semoga tidak menciptakan mata silau.

6.  Lampu Duduk/Berdiri
Lampu ini khusus dibutuhkan untuk bekerja, menyerupai menulis dan membaca. Cahaya yang dihasilkan lampu ini sebaiknya tidak terlalu kontras dengan cahaya yang mengelilingi ruangan. Lampu berdiri ini juga sanggup dipakai sebagai dekorasi tambahan untuk sudut – sudut rumah semoga rumah tampak indah.

7.  Lampu Gantung
Jika jumlahnya terlalu banyak, lampu gantung tidak terlalu anggun dipasang pada ruangan yang kecil kalau apalagi dengan bentuk yang berbeda-beda alasannya yaitu sanggup menciptakan ruangan tampak terlalu ramai.

8.  Down Lights
Lampu ini dipasang di dalam plafond. Lampu ini biasanya dipakai untuk menyoroti dinding atai objek yang berada pribadi di bawahnya.

9.  Lampu Kristal
Lampu gantung kristal yang penggunaannya lebih dari satu cocok dipakai untuk ruang tamu atau ruang dengan plafond tinggi.

Kesimpulan
Suasana rumah dibangun dengan memperhatikan sisi dekorasi dan furniturnya, tetapi selain itu sisi pencahayaannya pun perlu diperhatikan. Jika salah memilih pencahayaan, maka suasana yang dibangun pun menjadi tidak menyerupai yang diharapkan. Oleh alasannya yaitu itu perhatikan penempatan dan cahaya lampunya sesuai dengan kebutuhan.