Jenis Dan Bentuk Dapur

Posted by TriScont on 04.12 in ,

Memasak merupakan acara yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Tidak tanggung-tanggung, mereka akan menentukan perangkat memasak yang serba canggih untuk menyalurkan hobinya ini. Salah satunya dengan menciptakan kitchen set semoga dapur menjadi daerah yang menyenangkan dalam memasak.

Jenis Dapur
Membuat kitchen set harus diadaptasi dengan kebutuhan pengolahan memasak Anda. Pemilihan kitchen set pun harus di sesuaikan dari jenis dapurnya. Dapur menurut fungsinya terdiri dari 2 jenis yaitu :

1.  Dapur basah
Dapur ini menjadi tempat acara masak-memasak yang sebenarnya, menyerupai menyiapkan kuliner dari mentah hingga diolah menjadi kuliner yang siap untuk disantap.

2.  Dapur kering
Dapur ini hanya merupakan daerah untuk menciptakan kuliner yang ringkas dan gampang untuk disajikan, contohnya menyerupai menyiapkan sarapan pagi. Bagi rumah modern, dapur kering juga sanggup dijadikan daerah untuk kumpul keluarga sambil menikmati sajian kecil.

Bentuk Dapur
Bentuk dapur kini ini mengalami perkembangan sehingga bentuk dapur kini ini beragam. Adapun beberapa bentuk dapaur yang umum dipakai diantaranya yaitu :

1.  Single Line
Dapur ini berbentuk garis lurus. Dapur ini digunakan di apartemen atau rumah yang mempunyai ruang memanjang dan tidak terlalu lebar. Bentuk ini kurang efektif namun irit tempat.

2. Model U (U-Shaped Kitchen Layout)
Bentuk dapur U biasanya menempati tiga dinding dan sanggup digabungkan dengan bar. Dapur U sanggup dimanfaatkan untuk penyimpanan yang cukup luas.

3. Double Line
Dapur ini terdiri dari dua sisi yaitu dapur higienis dan dapur kotor yang terletak pada dua dinding yang berlawanan. Model digunakan untuk memisahkan antara dapur higienis dan dapur kotor.

4. Model L (L-Shaped Kitchen Layout)
Model diterapkan untuk ruang yang terbatas. Bentuk dapurnya yang siku memungkinkan pengelompokan antara dapur higienis dan kotor ditempatkan pada dua dinding yang berpotongan pada sudut.

5. Model Island (Island Shaped Kitchen Layout)
Model ini membawa kesan ekslusif dan sanggup diterapkan pada ruangan yang cukup luas. Tipe island ini dapat berfungsi sebagai daerah makan sekaligus meja saji.

Kesimpulan
Dalam menentukan bentuk dapur sesuaikan pula dengan design rumah Anda. Sebaiknya kalau rumah Anda rumah yang kecil gunakanlah jenid dapur basah. Dapur lembap juga lebih sehat dibandingkan dapur kering asal sanitasinya lancar.