Memilih Plafon Yang Berkualitas

Posted by TriScont on 03.59 in ,

Kesempurnaan sebuah bangunan dikatakan lengkap apabila bangunan tersebut sudah mempunyai plafon atau langit - langit. Tanpa semua itu bangunan terasa bagaikan sayur tanpa garam atau sanggup dikatakan belum lezat dipandang mata.
Pengertian Plafon
Plafon merupakan materi atau benda yang berfungsi sebagai epilog rangka atap atau struktur atap bisa juga berfungsi sebagai peredam panas dan juga sanggup menambah estetika ruangan yang ada.
Ada beberapa materi plafon yg sering dijumpai, ibarat : Gypsum, Triplek, Fiber Semen, dan Plafon Plastic PVC. Dimana setiap bahannya mempunyai kelebihan dan kelemahan, berikut ini penjelasannya:
Macam-Macam Plafon
1. Bahan Plafon Gypsum
Bahan Plafon Gypsum sudah sangat umum bahkan sering dijumpai di toko – toko bangunan dengan harga yang relatif murah dan bervariatif tergantung pada ketebalan dan mereknya. Namun Plafon Gypsum ini tidak tahan terhadap air, jadi mudah timbul noda hitam ataupun sanggup hancur jika sering terkena air.

2.Bahan Triplek
Bahan Triplek merupakan materi dengan harga yang relatif murah dengan banyak sekali macam ketebalan. Pemasangannya pun gampang tidak perlu hebat khusus. Kelemahan Plafon ini gampang hancur apabila terkena air atau dimakan rayap. Triplek agar lebih indah perlu finishing dengan cat kayu atau wallpaper.

3.Bahan Fiber Semen
Bahan Fiber Semen merupakan perpaduan Gypsum dengan triplek dimana mempunyai kelebihan dan kelemahan yang sama. Dari segi harga Fiber Semen lebih murah dibandingkan dengan Gypsum. Bahan ini cenderung lebih keras dan lebih berat sehingga harus hati-hati sewaktu memotong alasannya gampang retak.

4.Bahan PVC
Bahan PVC terbuat dari Plastik Poly Vinyl Chloride. Plafon PVC ini dapat tahan terhadap air dan rayap, sehingga sanggup di aplikasikan di area indoor ataupun outdoor. Teknik pemasangannya pun lebih mudah ialah dengan system knockdown. Plafon PVC pada umumnya sudah dengan finishing warna dan motif sehingga tidak perlu embel-embel pekerjaan dan biaya cat. Namun harga memang lebih mahal dibandingkan dengan materi Gypsum dan Triplek alasannya kualitasnya yang jauh lebih bagus.

Kesimpulan Penggunaan Plafon
Secara umum plafon dipakai sebagai epilog atap selain itu juga untuk memperindah ruangan khususnya bab atap. Untuk pemilihan jens plafon juga harus diperhatikan tergantung tempat rumah yang akan dibentuk alasannya demi faktor tingkat ketahanan dan keindahan atap tersebut.