Tips / Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai

Posted by Tercengang on 00.49 in ,
Ketika Anda ingin memasang keramik pada ruangan, sebaiknya Anda memperkirakan atau menghitung seberapa besar jumlah keramik yang diperlukan untuk suatu ruangan. Tujuannya semoga keramik yang dibeli tidak melebihi dari kebutuhan ruangan itu sendiri sehingga sanggup menghemat pengeluaran.

Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai
Adapun tips untuk menghitung kebutuhan keramik lantai ialah :

1.  Agar lebih hemat, hitung dalam meter persegi.
2.  Hitung jumlah keramik yang akan dipasang.
3.  Lihat contoh desain keramik.
4. Hitung juga luas ruangan, keliling ruangan x 0,1 untuk kebuthan plinnya (tinggi 10 cm) ditambah 5% sebagai cadangan jikalau – jikalau terjadi kerusakan (keramik pecah).
5.  Untuk kamar ukuran 3x4 meter, tinggal dihitung saja luas ruangan 3x4 = 12 meter persegi ditambah keliling ruangan 2(3+4) x 0,1 =1,4 meter persegi. Totalnya menjadi 13,4 meter persegi. Lalu ditambah 5% sebagai cadangan. Total keseluruhan 13,4+(13,4x0,05)=14,07 meter persegi.
6. 1 dus keramik berisi 1 meter peregi keramik sehingga ada 14 dus keramik yang diperlukan untuk ukuran kamar 3x4 meter.
7. Perkiraan perhitungan keramik tersebut akan lebih akurat apabila memperhatikan desain contoh lantainya terlebih dahulu. Terkadang contoh keramik diagonal sisi-sisinya tidak seragam. Maka, sering kita lihat ada perpaduan keramik border (frame) untuk menyatukan lantai dengan plin dinding.
8. Hati – hati memotong keramik yang masih utuh. Jangan hingga berlebihan hingga tidak sanggup terpakai.