Tips Merawat Dapur Di Rumah Anda

Posted by Tercengang on 22.15 in ,

Di setiap rumah niscaya mempunyai ruang untuk mengolah materi mentah masakan sampai masakan sudah siap saji. Ruang tersebut berjulukan dapur. Dapur mempunyai peranan penting di dalam rumah Anda. Kaprikornus jagalah dapur Anda tetap higienis dan terawat.

Pengertian Dapur
Dapur merupakan sebuah daerah atau ruang yang dipakai untuk melaksanakan acara memasak dan mengolah makanan. Dapur juga daerah untuk menyimpan peralatan yang dipakai untuk memasak dan mengolah makanan.

Dapur Sehat
Fungsi dapur sangat komplek dalam menyediakan sajian masakan Anda sehari – hari maka dari itu dapur perlu dijaga kesehatan dan keamanannya. Dapur yang tidak sehat akan dapat menumbuhan basil dan virus yang sanggup meracuni masakan serta menghipnotis kesehatan manusia. Selain itu dapur juga rawan terhadap keamanan, lantaran di dalamnya terdapat banyak sekali peralatan berbahaya dan materi bakar. Oleh lantaran itu kesehatan dan keamanan di dalam dapur perlu diperhatikan biar tidak berbahaya bagi keluarga Anda.

Menciptakan Dapur Sehat
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat dapur yang sehat dan aman antara lain adalah :

1.  Sirkulasi Udara
Pastikan area dapur mempunyai ventilasi yang baik untuk kelancaran sirkulasi udara. Semakin banyak ventilasi semakin baik untuk sirkulasi udara di dikala sedang memasak. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya busuk tak sedap dan keracunan gas yang keluar dari asap maupun gas kompor (NO2 – Nitrogen Dioksida).
Gunakanlah exhaust fan untuk membantu mengeluarkan asap dan uap dari proses masakan, lantaran exhaust fan menghisap udara dan menarik minyak di dalam ruang.
Selain itu, kompor perlu juga dipasang cooker hood untuk mengalirkan asap dan uap dari proses memasak.

2.  Pencahayaan
Cahaya di dapur sanggup didapatkan dari sinar matahari dan cahaya lampu. Pastikan ruang dapur Anda memperoleh cukup cahaya matahari untuk penerangan, membunuh bibit-bibit bakteri dan juga sanggup menghindarkan dapur dari binatang pengganggu, menyerupai kecoa dan tikus.
Dapur juga perlu diberi pencahayaan buatan yang cukup terang. Pencahayaan buatan ini sanggup didapat dari lampu. Pasanglah cahaya lampu tidak terlalu jelas dan juga tidak terlalu redup yang sanggup memfokuskan Anda dalam memasak.

3.  Material
Gunakanlah material dinding yang tahan terhadap panas dan uap menyerupai keramik lantaran selain kuat juga gampang dibersihkan, harganya pun lebih terjangkau daripada granit. Jangan gunakan dinding yang bertekstur lantaran celah-celahnya akan sulit dibersihkan dan sanggup menjadi timbunan kotoran, debu, dan minyak.
Gunakanlah material lantai yang tidak licin karena area dapur rentan sekali tepercik minyak dan air. Hindarkan area memasak dari material yang gampang terbakar, menyerupai materi kayu. Sebaiknya pilih material yang tahan terhadap api dan panas seperti, stainless steel, granit, dan keramik.

4.  Peralatan
Jika Anda mempunyai peralatan elektronik seperti lemari pendingin, dishwasher, dan microwave, gunakanlah seefisien mungkin lantaran peralatan tersebut sanggup menjadikan dampak radiasi elektromagnetik. Letakkan microwave dan panggangan jauh dari jangkauan anak-anak. Usahakan tidak terlalu sering mengolah masakan dengan memakai microwave, lantaran gelombang mikro pada microwave sanggup menghilangkan gizi pada makanan.
Untuk perlatan makan gunakan material keramik/porselen daripada plastik, lantaran zat kimia yang terdapat pada plastik sanggup mengkontaminasi makanan.

5.  Kebersihan
Bersihkan dapur dari minyak dan remah-remah masakan setiap kali anda selesai memasak untuk menghindari tumbuhnya basil dan jamur.
Buanglah sampah dapur satu kali dalam sehari. Jika sampah tidak dibuang lebih dari 1 hari dapat menumbuhkan basil dan jamur yang sanggup mengganggu kesehatan penghuninya.
Gunakanlah filter air untuk mengurangi basil dan virus yang mungkin terkandung di dalam air, sehingga air yang dikonsumsi terjamin kebersihan dan kesehatannya. Jangan gunakan chlorine pada air, lantaran chlorine bersifat korosif dan sanggup menggangu kesehatan kulit dan mata.

6.  Keamanan
Jangan menyemprotkan pestisida atau obat serangga untuk memberantas binatang pengganggu di area dapur dikarenakan obat serangga bersifat neurotoxic (racun yang mengganggu syaraf) dan mengandung karsinogen. Jika ingin menyemprotkan obat serangga, pastikan dulu ventilasi dalam keadaan terbuka lebar-lebar.
Jangan memanaskan minyak sampai mengeluarkan asap, lantaran berakibat minyak menjadi beracun.

Kesimpulan
Dari beberapa langkah tersebut maka dapur anda akan menjadi ruang yang sehat dan kondusif bagi keluarga anda. Untuk menambah kebersihannya, ada baiknya Anda melaksanakan pencucian dapur keseluruhan secara terencana lantaran dapur rentan dengan kotoran yang timbul di sebabkan asap dan uap.