Penyebab Ban Sepeda Motor Cepat Aus Dan Rusak

Posted by KarimGanas on 05.36 in
 Ban yakni peranti penting kendaraan bermotor, termasuk salah satu faktor dalam memilih keselamatan berkendara.Oleh alasannya yakni itu ban juga sangat penting utnk diperhatikan kelayakannya.Jk ban sudah aus sebaiknya segera utnk diganti dgn ban yg gres dan berstandard SNI.
Adakalanya ban yg kita pakai lebih cepat aus, ketahui penyebabnya alasannya yakni ban tergolong mahal harganya.Perlu diketahui, rata rata usia pemakaian dan keausan yg normal yakni pemakaian ban 1,5 - 2 tahun


Ada banyak faktor penyebab ban sepeda motor lebih cepat aus atau rusak.

Berikut beberapa rujukan kerusakan/keausan pada ban motor, dan hal utama yg menjadi penyebabnya.


Ban kurang angin

Ban kurang angin sanggup semakin mempercepat umur ban, terutama jklau digunakan utnk beban berat.Ban yg kurang angin akan lebih gampang terkena paku, atau cepat rusak bahkan sobek jklau menabrak lubang atau menabrak kerikil dijalan.

Ban aus sebelah

Shock breaker yg tidak seimbang tekanannya, velg yg tidak balance, rangka yg tidak center yakni penyebab ban aus sebelah.Jk yg aus yakni roda belakang, sanggup jadi swing armnya yg bermasalah.Ban yg aus sebelah ini yakni duduk kasus yg sering ditemui.Segera perbaiki alasannya yakni selain ban cepat aus , motor pun tidak akan lezat dikendarai bahkan sanggup membahayakan.

Ban benjol

Ban yg abuh diakibatkan oleh konstruksi benang penahannya sudah putus, sanggup alasannya yakni menabrak benda keras.Shocbreaker yg mati juga sanggup mengakibatkan benang penahan kontruksi putus, alasannya yakni beban yg tertumpu pada ban tidak diredam oleh shocbreaker.

Ban sering berjemur

Ban yg sering dipanaskan akan mengakibatkan cepat keras dan getas, terbentur sedikit saja ban akan gampang retak. Jangan sering parkir sepeda ditempat yg tidak ada pelindung dari panas matahari.
Terkena minyak

Usahakan ban tidak terkena minyak apapun, Minyak atau zat lain menyerupai olie dan bensin sanggup menciptakan ban lebih lembek dari biasanya sehingga lebih cepat aus.Jadi jklau mencuci motor harus sekalian ban disikat yg higienis ya?,,,,