Beberapa Jurus Mendapatkan Rumah Subsidi dan Beberapa Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Beli Rumah Subsidi

Posted by KarimGanas on 07.24 in , ,

Beberapa Jurus Mendapatkan Rumah Subsidi dan Beberapa Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Beli Rumah Subsidi

Jika Anda berminat memiliki rumah subsidi, mulailah pencarian hari ini. Para peminat rumah subsidi di kawasan Bekasi, Cakung dan Bogor telah menyerbu sejumlah perumahan baru yang menawarkan harga pada kisaran 126 juta rupiah. Tetapi buat mendapatkan perburuan rumah ini, Anda harus kooperatif dengan pihak developer. Calon pembeli rumah sebaiknya terbuka dengan pihak developer. Jangan menyembunyikan informasi yang mungkin penting diketahui oleh pihak developer.

Misalnya seperti ada pemohon yang tidak terbuka soal status kredit kendaraan bermotor. Jika ia tidak terbuka sejak awal, maka pihak developer terpaksa bekerja dua kali sehingga proses lebih lama. Namun bila dia terbuka, mungkin ada hal yang bisa kami peringatkan di awal atau membantu dengan langkah lain agar ia bisa lolos. Saya akan paparkan sejumlah jurus yang harus Anda kenali agar rumah subsidi menjadi milik Anda:

1. Menghitung Pendapatan


Menurut peraturan pemerintah, calon pemilik rumah subsidi harus memiliki penghasilan maksimal 4 juta rupiah. “Penghitungan tersebut berdasarkan 3x angsuran plus biaya hidup. Oleh karena itu, Anda harus menghitung dengan cermat jumlah pendapatan dan pilihan angsuran, dari Ides Property yang juga menawarkan rumah subsidi.

2. Jarak Rumah ke Lokasi Bekerja


Pertimbangkan lokasi rumah subsidi tidak terlalu jauh dari tempat Anda mencari nafkah. Jika terlalu jauh, maka Anda dinilai bakal sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Anda bisa kalah bersaing dengan mereka yang lebih membutuhkan tempat tinggal segera. Sebaiknya radius rumah dan lokasi bekerja tidak terlalu jauh atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua jam,” tambah Solihin.

3. Kredit Mobil


Sebelum Anda mengajukan untuk membeli rumah subsidi, periksa dulu sejarah transaksi Anda. karena bila Anda sudah pernah membeli mobil secara tunai, rumah subsidi masih bisa diperoleh. Namun Anda tidak mungkin dapat memiliki rumah subsidi, jika pernah tercatat mengajukan cicilan mobil. Para calon pemilik rumah subsidi tersebut memang harus belum pernah mempunyai kredit mobil sebelumnya.

4. Kredit Motor


Masih memiliki cicilan motor? Tidak masalah. Anda masih punya kemungkinan besar mendapatkan rumah impian. Namun pastikan dahulu bahwa cicilan Anda tidak tertunggak pada saat Anda dalam proses pengajuan kredit rumah. Jika sampai terlambat seminggu saja, bank bisa mengetahui status tunggakan tersebut dan membuat permohonan tidak lolos.

5. Cicilan Rumah


Jika Anda pernah mencicil rumah sebelumnya, besar kemungkinan permohonan Anda tidak diloloskan. Didalam program rumah subsidi ini cuma ditujukan kepada mereka yang belum pernah mengajukan kredit rumah sama sekali.

6. Status dalam Pekerjaan


Satu hal yang harus diperhatikan yaitu bilaAnda berstatus karyawan, pastikan status Anda bukan karyawan kontrak. Untuk program rumah subsidi, Anda harus berstatus karyawan tetap selama 2 tahun. Hal ini mengingat angsuran yang relatif panjang, sehingga di masa depan tidak terjadi kemacetan dalam pembayaran angsuran.

Berikut Beberapa Hal Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Beli Rumah Subsidi:


  1. Rumah subsidi rata-rata hanya menawarkan tipe rumah yang mungil. mengenai luas bangunan, mulai dari 20 sampai 36 meter persegi. Sementara mengenai luas tanahnya yang sekitar kira-kira 60 sampai 72 meter persegi. maka rata-rata rumah subsidi Cuma mempunyai dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Dengan seperti itu, kapasitas rumah subsidi cuma cukup buat keluarga kecil dengan satu anak.
  2. Usahakan membeli rumah subsidi yang masih dalam tahap pembangunan. Dengan begitu Anda bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan selera. Mulai dari tata ruang, sampai dengan material pilihan. Mengenai waktu pembangunannya, Anda tidak perlu khawatir karena pembangunan rumah subsidi relatif cepat, rata-rata selesai dalam jangka waktu setahun.
  3. Umumnya rumah subsidi memang dirancang sedemikian rupa agar mudah direnovasi, maka dari itu jangan heran kalau bangunannya terkesan ringkih. Hal yang harus anda siapkan biaya ekstra untuk renovasi, mulai dari membangun dapur, menambah luas bangunan, sampai dengan membayar tukang. Jadi kustomisasi lebih baik dilakukan saat proses pembangunan masih berlangsung.
  4. Ketika membeli rumah subsidi, jangan ragu menanyakan kepada pengembang mengenai fasilitas pendukung seperti air dan listrik. Biasanya klaster rumah subsidi sengaja dibuat berdiri dahulu sebelum dilengkapi oleh fasilitas pendukung. Pastikan pengembang sudah menyiapkan jaringan listrik dan air.
  5. Perhatikan kualitas bahan pendukung seperti pipa dan septic tank. Biasanya rumah subsidi akan memakai bahan borongan dengan kualitas standar untuk material pendukung. Berbeda halnya dengan rumah non-subsidi.
  6. Anda memiliki garansi dari pengembang yang berlaku selama 100 hari semenjak Anda resmi akad kredit. Keuntungan dari rentang waktu tersebut untuk mengecek secara seksama kondisi rumah subsidi. Contohnya yaitu jika ada genting yang pecah, keramik yang retak, atau saluran air mampet, Anda bisa mengisi formulir dan akan diperbaiki langsung oleh pengembang.
  7. Biaya total yang Anda bayar ketika selesai akad kredit sudah termasuk dengan biaya asuransi. Jadi, jika di tengah jalan menyicil Anda meninggal dunia, maka rumah tersebut langsung lunas dan menjadi kepemilikan ahli waris.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda lakukan setelah beli rumah subsidi dan langkah mendapatkannya. Semoga bermanfaat.