4 Langkah Pemakaian Popok Bayi agar Tidak Iritasi

Posted by KarimGanas on 10.25 in , ,



Mudah untuk mendapatkan popok untuk bayi yang akan memudakan Anda sehingga tidak perlu menghabiskan banyak celana karena terkena kotoran. Popok bayi dapat digunakan untuk bayi perempuan dan laki-laki sesuai dengan ukuran tubuhnya. Anda harus memahami langkah pemakaian popok agar bayi tidak mengalami iritasi.

1.      Tangan dalam Kondisi Bersih
Sebelum pemakaian popok kepada bayi perhatikan kebersihan tangan Anda. Cucilah tangan menggunakan sabun dan lap hingga kering barulah memegang peralatan bayi seperti popok. Peganglah popok dengan benar dan memakaikannya pada bayi yang telah tertidur di atas kasur. Letakkan bayi di atas perlak untuk dapat menggunakan popok.

2.      Menggunakan Krim Ruam
Sebelum pemakaian popok ada baiknya untuk menggunakan krim ruam tujuannya agar kulit bayi tidak mengalami ruam yang berisiko buruk pada kulitnya. Anda dapat memilih jenis krim ruam yang diinginkan sesuai kondisi kulit. Tersedia krim ruam yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit bayi agar tidak mengalami iritasi.

Anda bisa menggunakan krim di area pemasangan popok hingga merata. Biarkan krim sampai mengering setelah itu Anda bisa menggunakan bedak jika menginginkan. Jika tidak bisa langsung menggunakan popok yang telah dipilih. Pastikan ukuran popok yang dibeli agar sesuai dengan ukuran tubuh bayi dan pastikan tidak mengalami kesempitan sehingga bayi tetap nyaman.

3.      Pasang Popok dengan Benar
Popok bayi yang digunakan perlu dipasang dengan benar agar tidak terjadi kebocoran. Jika jenis popok perekat pastikan popok telah tepat pada pantat bayi. Setelahnya, pasangkan perekat dengan tepat jangan ada bagian yang terlipat agar popok tetap bertahan dan tidak mudah lepas.

Jika popok yang dipilih popok dengan karet maka pastikan ukurannya pas dan pasanglah popok dengan baik. Jangan sampai bagian karet popok tidak dipasang dengan benar karena akan mengganggu aktivitas bayi. Pilihlah popok dengan jenis karet yang elastis.  

4.      Kontrol secara Berkala
Ketika menggunakan popok bayi lakukan kontrol secara berkala. Jika perlu aturan waktu, lakukan pengecekan setiap 3 jam sekali. Pada popok tertentu terdapat penanda dari kondisi popok yang digunakan. Jika popok berubah warna maka itu sudah menjadi petanda untuk menggantinya.

Anda dapat pula mengetahuinya dengan melihat secara rutin ada atau tidaknya kotoran yang merembes di sekitar popok bayi. Jangan biarkan kotoran menempel dengan waktu yang lama karena dapat membuat kulit bayi menjadi iritasi. Jadi lakukanlah penggantian popok tepat pada waktunya jangan sampai menunda penggantian popok.

Penting untuk memberikan krim ruam pada bagian pemakaian popok, ini akan sangat membantu untuk memberikan perawatan pada bayi. Jangan menunggu terjadi ruam baru akan menggunakan krim karena itu akan butuh proses dalam penyembuhan kulit bayi. Sebelum melakukan pembelian popok pastikan terlebih dahulu spesifikasi popok memenuhi syarat popok yang ideal.